Tips Belanja Aman agar Gaji Tak Hanya Mampir Sebentar

Kebiasaan pertama yang dilakukan sebagian besar orang setelah mendapatkan gaji adalah berbelanja. Tetapi, jika tidak hati-hati bisa-bisa gaji Anda hanya mampir sebentar saja. Dan Anda baru sadar kalau ternyata sudah kehabisan uang padahal gajian bulan depan masih jauh. Berikut ini tips belanja aman agar gaji tak hanya mampir sebentar.

Buat List yang Harus Dibayar di Muka

Gaji yang baru datang memang memikat untuk segera dibelanjakan. Tapi sebaiknya sebelum berbelanja, buat terlebih dahulu list yang harus dibayar di muka. Lalu sisihkan jumlah gaji Anda untuk membayarkan kebutuhan tadi. Lakukan secepatnya agar gaji tidak keburu habis digunakan berbelanja barang yang tidak perlu. Jangan sampai Anda justru lupa membayarkan list yang harus dibayar terlebih dahulu di muka.

Tentukan Hari Khusus Belanja

Tentukan hari khusus untuk berbelanja atau menggunakan uang. Dan batasi juga waktu berbelanja Anda. Jangan biarkan uang keluar dari dompet untuk hal-hal yang tidak penting pada hari-hari di luar hari belanja. Ini bisa mengerem keinginan belanja Anda akan barang-barang yang sebenarnya tidak penting atau tidak perlu.

Perut Kenyang Sebelum Belanja

Menurut penelitian, berbelanja saat perut kosong membuat Anda membeli lebih banyak barang. Jadi, sebelum berbelanja, usahakan perut Anda kenyang terlebih dahulu. Ini bisa meminimalkan godaan untuk mengambil barang di lorong penuh barang menggiurkan di pusat berbelanjaan nantinya.

Buat Daftar Belanjaan

Buat daftar barang apa saja yang perlu Anda beli sebelum berbelanja. Dan usahakan jangan beli barang yang tidak ada dalam daftar tersebut. Pilih juga supermarket yang memiliki pilihan barang lengkap, agar saat berbelanja Anda lebih hemat waktu.

Berbelanja Produk dalam Ukuran Sesuai

Berbelanja produk dalam ukuran sesuai ternyata bisa jadi trik untuk menyelamatkan uang gaji Anda. Dengan membeli produk berukuran sesuai, Anda tidak perlu membeli lagi produk tersebut di tengah bulan saat kehabisan. Selain itu, produk berukuran lebih besar biasanya akan memberikan harga lebih murah dibanding produk dalam ukuran kecil.

Gunakan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit tidak selalu boros. Dalam beberapa situasi, membayar dengan kartu kredit justru bisa membuat Anda lebih irit. Karena kadang, beberapa produk memberikan potongan harga saat Anda membayar dengan kartu kredit.

Cobalah Berbelanja Online

Belanja online tidak selalu buruk. Ada beberapa produk yang ternyata ditawarkan dengan harga lebih murah saat dibeli secara online. Kalau Anda khawatir soal ongkos kirim Anda bisa menyiasatinya dengan COD atau berbelanja bersama dengan teman atau keluarga. Kadang, Anda juga bisa mendapatkan produk impor atau luar negeri dengan harga murah. Berbagai potongan harga juga sering ditawarkan para pemilik toko online.

Itulah tips belanja aman agar gaji tak hanya mampir sebentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *