Tips Belanja Aman dengan Kartu Kredit

Bagi penggemar belanja online, penggunaan kartu kredit tentu sangat praktis sebagai cara pembayaran. Meski demikian, hal ini tidak selalu aman dilakukan. Berikut ini tips belanja aman dengan kartu kredit yang harus Anda tahu.

Gunakan Kartu Kredit Hanya pada Situs Terpercaya

Sebelum berbelanja, pastikan situs belanja yang Anda kunjungi terpercaya. Hati-hati saat memasukan identitas kartu kredit pada situs belanja. Periksa situs belanja Anda lewat mesin pencari. Jika terasa janggal atau banyak review negatif, sebaiknya tinggalkan saja.

Perhatikan saat Mengetik URL

Hati-hati mengetikkan alamat situs belanja. Salah satu huruf, Anda dibawa ke alamat lain yang sama sekali berbeda. Perlu diketahui juga bahwa alamat situs yang telah Anda simpan dalam bookmark di browser juga bisa berubah. Ada baiknya jika hendak berbelanja online, jangan klik situsnya melalui bookmark melainkan ketik saja alamat URLnya secara manual.

Lindungi PC Anda dengan Anti-Virus dan Anti-Spyware Terkini

Tips belanja selanjutnya adalah memastikan keamanan transaksi online dimulai dari PC yang Anda gunakan. Jadi, pastikan PC Anda memiliki antivirus dan anti spyware. Pastikan juga perangkat lunak tersebut selalu versi terbaru.

Selalu Bertransaksi di PC Pribadi

Untuk meminimalkan resiko pencurian data, selalu melakukan transaksi melalui PC pribadi. Resiko menggunakan PC umum adalah ada keylogger yang bisa merekam data yang Anda masukan.

Meski menggunakan PC pribadi lebih aman, tetapi masih ada ancaman phising atau pencurian data pribadi, jika Anda menggunakannya di tempat umum dengan memanfaatkan akses ke sinyal WiFi publik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melakukan transaksi online dengan kartu kredit saat menggunakan koneksi WiFi di tempat umum.

Baca Juga: Tips Cerdas Belanja Aman secara Online

Cetak Bukti Transaksi

Setiap kali melakukan transaksi, jangan lupa mencetak bukti transaksinya. Gunanya adalah untuk membandingkan angka yang tertera pada bukti pembayaran tersebut dengan angka pada lembar tagihan kartu kredit dan memastikan keduanya identik.

Pilih Kartu Kredit dengan Pelayanan Terbaik

Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, pilih yang memiliki layanan terbaik saat digunakan. Penting bagi Anda untuk menghindari kartu kredit yang akan menyulitkan diri sendiri.

Hindari Bertransaksi Kartu Kredit Melalui Ponsel

Berbelanja melalui ponsel memang praktis. Tetapi, jika akan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, hindari penggunaan ponsel. Alih-alih, gunakan PC yang lebih jelas dan aman.

Pahami Informasi Apa Saja yang Perlu dan Tidak Perlu Anda Berikan

Sebelum bertransaksi, sebaiknya Anda paham benar apa saja yang harus diberikan dan tidak diberikan. Dalam berbelanja online, ada empat jenis informasi yang perlu Anda masukkan, yaitu nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan (biasanya tiga atau empat digit), dan yang terakhir alamat pengiriman. Selain keempat hal tersebut, tidak ada hal lain yang harus diberikan.

Hindari Menyimpan Informasi Kartu Kredit di Toko Online

Untuk mencegah pencurian atau penyalahgunaan informasi kartu kredit, sebaiknya tidak menyimpan informasi tersebut di toko online. Jika komputer atau laptop menanyakan apakah ingin informasi kartu kredit Anda ”diingat” atau disimpan secara otomatis untuk memudahkan pembelian di kemudian hari, pastikan klik  ”tidak”. Selain itu, jangan lupa untuk keluar (log out) dari situs tersebut setelah Anda bertransaksi untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *