Tips Belanja Aman dengan Metode COD (Cash On Delivery)

Transaksi jual beli COD (Cash On Delivery) merupakan transaksi jual beli yang mempertemukan antara penjual dan pembeli pada waktu dan tempat tertentu. Pemesaan atas barang atau jasa biasanya dilakukan secara online, tetapi penyerahan barang dan pembayaran dilakukan dengan bertemu secara langsung. Meski demikian, COD ternyata juga tetap memiliki kemungkinan tindak kejahatan. Karena itu, sebagai pembeli atau penjual, Anda tetap harus hati-hati. Berikut ini tips belanja aman dengan cara COD yang dapat Anda praktikkan.

Ajak Teman

Tidak jarang COD mempertemukan pembeli atau penjual untuk pertama kalinya. Agar lebih aman, tidak salah jika Anda membawa teman atau saudara saat akan melakukan transaksi. Hindari melakukan transaksi sendirian. Teman bisa berfungsi sebagai pengawas. Jadi kalau ada hal yang tidak beres ketika COD kehadiran teman akan sangat membantu. Dengan keberadaan teman ini Anda juga bisa merasa lebih aman.

Ajak Bertemu Di rumah

Metode COD memungkinkan Anda bertemu penjual di rumah secara langsung. Anda bisa meminta penjual untuk mengantarkan barang langsung di rumah, jika memungkinkan. Dengan cara ini, dinilai lebih aman karena di rumah ada orang lain atau keluarga yang juga mengawasi. Selain itu juga akan memberikan rasa percaya dan aman bagi pembeli. 

Bertemu  Di Tempat Aman

Jika pertemuan dengan penjual tidak dilakukan di rumah, pilih tempat yang dirasa aman. Hindari tempat yang sepi. Alih-alih, pilih tempat yang ramai seperti toko, restoran atau tempat berkumpul banyak orang. Hal ini mengantisipasi hal-hal tidak terduga yang bisa saja terjadi. Di tempat ramai, Anda bisa dengan mudah minta tolong jika ada hal-hal yang mencurigakan atau berbahaya.

Cek Kondisi, Kelengkapan dan Garansi

Pada saat menerima barang, cek lagi kondisi barang, kelengkapan dan juga garansinya. Jika memungkinkan, buat juga perjanjian garansi pengembalian atau penukaran barang juga spesifikasi barang tidak sesuai.

Waktu

Saat akan COD, sebaiknya pilih waktu transaksi pagi atau siang hari. Hindari transaksi pada malam hari, karena lebih beresiko.

Fokus

Saat melakukan transaksi, usahakan Anda tetap dalam kondisi fokus. Jangan sampai melamun atau terbawa obrolan. Ada banyak modus kejahatan yang mungkin terjadi dengan berbagai cara saat bertemu secara langsung.

Cek Uang di Bank

Untuk transaksi dalam jumlah nominal besar, jangan ragu untuk mengajak si pembeli ke bank atau tempat lain yang tersedia scanner uang. Hal ini dilakukan untuk mengecek keaslian dari uang yang digunakan sebagai alat transaksi tersebut.

Demikian tadi beberapa tips belanja aman jika berbelanja secara COD. Meski COD dikenal sebagai salah satu model transaksi jual beli yang paling populer di Indonesia serta paling rendah tingkat resikonya, Anda tetap harus waspada. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *