Tips Belanja Aman di Pasar Tradisional

Pasar tradisional saat ini memang masih eksis, dibandingkan berbelanja di supermarket keuntungan yang bisa didapatkan ketika berbelanja di pasar tradisional adalah mendapatkan harga yang lebih murah dan bahkan bisa ditawar. Akan tetapi saat ini banyak pula orang yang lebih memilih untuk berbelanja di supermarket dibandingkan di pasar tradisional. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah adanya faktor keamanan yang rendah. Setiap konsumen tentunya menginginkan pengalaman belanja aman dan nyaman.

Pasar tradisional memang menjadi tempat yang rawan kejahatan, seperti jambret, copet dan segala macamnya. Di pasar tradisional tidak ada cctv seperti yang terpasang di supermarket, sehingga tidak ada pengawasan yang ketat dalam hal keamanan. Lalu bagaimana caranya agar bisa belanja aman di pasar tradisional tanpa harus takut akan copet dan jambret? Berikut tipsnya:

Jangan Gunakan Perhiasan Mencolok

Para ibu biasanya sangat suka menggunakan beragam perhiasan saat keluar rumah, termasuk ketika berbelanja di pasar. Tak jarang ada ibu-ibu yang menggunakan kalung, gelang atau cincin lebih dari satu buah. Niat hati mungkin ingin tampil cantik, padahal apa yang dilakukannya tersebut sesungguhnya justru bisa emngundang kejahatan. Oleh karena itu, apabila pergi ke pasar tradisional sebaiknya tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan,, apabila ingin menggunakan perhiasan, cukup gunakan secukupnya saja, misalnya satu cincin di jari manis tangan.

Simpan Dompet di Tempat Aman

Simpan dompet di tempat yang aman, jangan letakkan dompet di tas belanjaan yang terbuka, karena hal ini bisa menjadi incaran para penjahat atau pencopet yang ada di pasar tradisional. Saat ingin pergi ke pasar sebaiknya gunakan baju atau celana yang memiliki kantong, sehingga dompet bisa dimasukkan ke dalam kantong tersebut.

Baca Juga: Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga yang Wajib Disimak

Bawa Uang Secukupnya

Ketika pergi ke pasar sebaiknya bawa uang secukupnya, jangan berlebihan. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat daftar belanjaan yang akan dibeli ketika belanja ke pasar. Saat mengeluarkan dompet dengan uang yang berlebihan, ini juga bisa mengundang penjahat. Ingat kejahatan datang bukan hanya ketika ada niat, namun juga ketika ada kesempatan yang terpampang nyata di depan mata.

Ajak Orang Lain

Apabila khawatir berbelanja ke pasar seorang diri. Tak ada salahnya untuk mengajak orang lain untuk belanja ke pasar, selain untuk membantu berbelanja, juga untuk saling mengingatkan antara satu sama lain untuk saling menjaga keamanan.

Waspada

Dimanapun berada haruslah waspada. Waspada tentunya berbeda dengan parno. Waspada adalah saat dimana kita menjaga keamanan diri kita dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa tips belanja aman di pasar tradisional. Meski rawan kejahatan, namun belanja di pasar sangatlah menyenangkan, selain lebih murah, pilihan bahan makanan atau barang yang dijual di pasar tradisional juga lebih beragam dibandingkan di supermarket.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *