Tips Belanja Aman di Toko Online

Saat ini, kegiatan berbelanja online seakan sudah menjadi gaya hidup di Indonesia, khususnya para pengguna internet aktif. Berbagai kemudahan dan banyaknya pilihan produk-produk terbaru yang ditawarkan di toko online menjadi alasan mengapa kegiatan berbelanja online semakin diminati. Selain itu, transaksi online yang praktis dan tidak mengharuskan pihak pembeli keluar rumah membuat banyak orang yang merasa terlalu sibuk untuk berbelanja kebutuhannya menjadi cukup dimudahkan dengan adanya jual beli online. Semakin banyaknya peminat jual beli online ini dibuktikan dengan data bahwa jumlah transaksi di berbagai toko online di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun, meskipun trend belanja online terus mengalami peningkatan, tidak sedikit pula pengguna internet yang enggan berbelanja secara online karena mempertimbangkan keamanan. Transaksi belanja aman di internet memang tidak sepenuhnya terjamin sebab tidak sedikit toko online nakal yang hanya ingin meraup keuntungan dengan merugikan orang lain.

Agar tidak terjebak toko online nakal yang tujuannya menipu atau merugikan pihak lain, ada baiknya para pembeli online hati-hati dalam berbelanja. Berikut ini akan dibahas beberapa tips belanja aman di toko online.

  1. Belanja di Toko Online Terpercaya

Banyak sekali pihak yang membuka toko online hanya mengandalkan situs-situs gratis seperti media sosial dan bersembunyi di balik data palsu atau anonim. Oleh sebab itu, berbelanjalah di toko online yang terpercaya, yaitu toko online yang menampilkan identitasnya dengan lengkap, berupa identitas asli dan keterangan yang dapat memudahkan pihak pembeli, seperti alamat lengkap pihak penjual, nomor telepon yang bisa dihubungi. Dan kalau perlu, pastikan bahwa nama dan alamat pemilik toko online tersebut benar-benar valid dengan meminta scan KTP sebagai jaminan.

Jangan pernah berbelanja online di toko yang identitasnya samar bahkan tidak jelas. Sebab jika terjadi sesuatu di kemudian hari, pihak pembeli akan sulit melakukan klarifikasi kepada pihak penjual.

  1. Perhatikan Spesifikasi Barang dengan Detail

Seringkali, pihak pembeli merasa tertipu oleh penjual online karena barang yang diterimanya tidak sesuai dengan kriteria yang ditampilkan melalui gambar di toko online tersebut, atau bahkan spesifikasi barangnya tidak sesuai dengan apa yang dipesan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan berbelanja di toko online, pastikan terlebih dahulu spesifikasi produk atau barang tersebut secara detail, mulai dari jenisnya, bahannya, warnanya, ukurannya, nomor serinya, dan berbagai spesifikasi lainnya.

  1. Meminta Garansi ke Pihak Penjual

Bagaimanapun, barang yang dikirimkan oleh penjual masih dalam tanggung jawab pihak penjual online tersebut sebelum diterima oleh pihak pembeli. Oleh sebab itu, pastikan Anda meminta jaminan atau garansi bahwa barang yang Anda pesan dan Anda beli tersebut akan sampai di alamat Anda dalam kondisi yang baik. Jika tidak, Anda akan mendapatkan ganti produk yang baru dari pihak penjual. Meminta garansi merupakan langkah belanja aman agar Anda tidak cemas jika berbelanja online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *