Tips Belanja di Malioboro

Malioboro adalah salah satu ikon wisata di Kota Yogyakarta, yang mana rasanya belum sah datang ke Yogyakarta jika belum pernah ke Malioboro. Di sepanjang jalan malioboro ini ada banyak sekali pedagang yang menjajakan beragam barang, dari baju batik, sandal batik, dan beragam barang lain khas Yogyakarta. Meski begitu, tak mudah untuk berbelanja di Malioboro, karena jika tak mahir kita akan mendapatkan harga yang mahal. Dan berikut ini adalah tips belanja di Malioboro yang bisa diaplikasikan:

  1. Tulis Daftar Belanja

Ada banyak jenis barang yang bisa dipilih ketika berbelanja di Malioboro, seperti kaos Dagadu, tas berbahan enceng godok, tas berbahan kulit, sandal batik, juga beragam aksesoris etnik. Beragam barang yang unik dan lucu memang seringkali membuat kita tertarik untuk membeli sehingga akhirnya dompet jebol. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita menulis terlebih dahulu daftar belanjaan apa saja yang akan dibeli di malioboro. Untuk mengetahui barang apa saja yang bisa dibeli di Malioboro bisa bertanya lewat Google.

  1. Cerdas Saat Menawar

Salah satu hal wajib yang harus dilakukan ketika berada di Malioboro adalah menawar barang. Ketika menawar harga, untuk pertama, tawar 50% dari harga semula, karena besar kemungkinan pedagang sudah menaikkan harga 20% hingga 30%.

  1. Berpenampilan Seperti Warga Lokal

Ingin mendapat harga murah saat berbelanja di Malioboro? Jangan berpenampilan seperti wisatawan dengan pakaian rapi, kacamata, dan semacamnya. Gunakan pakaian sehari-hari saja, karena biasanya pedagang menaikkan harga yang lebih tinggi untuk wisatawan karena dianggap tidak paham tentang kisaran harga barang yang dijual.

  1. Pelajari Bahasa Setempat

Ketika berkunjung ke suatu tempat, tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa penduduk setempat, minimal percakapan standar ketika jual beli, karena ini sangat membantu saat menawar barang agar terkesan seperti warga lokal.

  1. Bersikap Jual Mahal

Tips belanja selanjutnya adalah bersikap jual mahal. Bersikaplah seolah tidak terlalu membutuhkan barang yang hendak dibeli, misalnya dengan pergi dan menjauh dari lapak si pedagang. Maka beberapa detik kemudian, pedagang akan memanggil dan memberikan barang dengan harga yang lebih murah.

  1. Jangan Tergiur Rayuan Pedagang

Para pedagang biasanya akan memberikan penawaran bonus dan semacamnya apabila membeli, jangan tergiur, karena bisa jadi harga sudah dinaikkan beberapa kali lipat lebih tinggi.

  1. Jangan Berfokus pada Satu Penjual

Jika tidak mendapatkan harga yang sesuai dengan barang yang diinginkan, maka beralihlah ke pedagang lain, jangan fokus hanya pada satu penjual saja. Karena di malioboro ada puluhan pedagang yang menjual barang yang serupa.

Itulah beberapa tips belanja ketika di Malioboro agar bisa belanja hemat, namun tetap bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga miring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *