Tips Belanja Hemat Bulanan Yang Menyenangkan

Setiap bulan, tanggal yang paling ditunggu-tunggu adalah tanggal gajian. Rasanya penat selama bekerja terbayarkan. Namun uang gaji yang diterima harus digunakan untuk keperluan rumah tangga dan kebutuhan lainnya. Tidak jarang datang banyak godaan untuk membelanjakan barang berdasarkan keinginan saja. Nah untuk menghemat uang belanja bulanan ikuti tips belanja hemat berikut ini:

Tahan Hasrat Belanja Dan Buat List Kebutuhan

Salah satu penyebab kalap saat menerima uang belanja adalah karena merasa punya uang yang bisa digunakan. Akibatnya tidak sedikit yang langsung pergi untuk belanja. Sebaiknya tahan dulu hasrat keluar rumah menuju mall atau membuka situs belanja online.

Tips belanja hemat pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat list kebutuhan yang harus dibayar, misalnya: uang cicilan bayar motor kredit, biaya uang makan selama sebulan, bayar listrik, biaya beli kuota internet dsb. Pisahkan uang yang wajib dikeluarkan tersebut. hitung semua pengeluaran dengan terperinci, sehingga uang yang tersisa adalahuang yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang tidak begitu penting/ atas dasar keinginan.

Cara ini bisa membuat Anda tidak bingung saat harus membayar atau membeli kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Tentukan Tanggal Belanja

Menentukan tanggal belanja untuk kebutuhan perbulan sebaiknya dilakukan dalam satu waktu saja. Jika waktu belanja dibagi-bagi harinya bisa membuat pengeluaran lebih besar, karena fokus list belanja jadi terbagi-bagi dan kadang muncul keinginan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak begitu penting.

Untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan, strateginya bisa ambil tanggal saat swalayan sedang mengadakan promo atau menjadi member. Biasanya untuk member ada beberapa produk yang didiskon. Atau Anda bisa belanja kebutuhan bahan-bahan makanan di pasar tradisional karena harganya lebih murah dibandingkan jika Anda beli di swalayan atau supermarket.

Baca Juga: Tips Belanja Hemat Saat Diskon Yang Bisa Anda Jadikan Rem Membeli Barang Yang Tidak Penting

Tips belanja kebutuhan bisa Anda tentukan apakah bulanan atau mingguan. Sekedar saran, untuk kebutuhan bahan-bahan makanan bisa belanja mingguan atas dasar pertimbangan makanan yang dibeli tidak busuk. Dan pastikan menyimpan makanan dalam lemari pendingin dengan kondisi dan cara penyimpanan yang baik.

Sedangkan untuk kebutuhan bulanan, seperti: pasta gigi, sabun, detergen dsb bisa gunakan sistem belanja bulanan. Catat kebutuhan perminggu dan perbulan dalam bentuk list. List tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi kebutuhan apa saja yang lebih cepat habis sebelum waktunya.

Sebelum Pergi Belanja Pastikan Perut Sudah Kenyang

Sebuah penelitan menyebutkan bahwa orang yang belanja dalam kondisi lapar biasanya akan cenderung lebih mudah tergoda untuk belanja. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya makan dulu sebelum Anda belanja untuk kebutuhan bulanan. Selain itu yakin dan teguh pada pendirian jangan sekali-kali mengambil barang yang tidak Anda butuhkan.

Itulah tips belanja hemat yang bisa Anda coba aplikasikan. Mengatur uang gajihan perbulan dengan baik bisa membuat Anda lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Selain kebutuhan tercukupi, Anda bisa menabung uang sisa gajiahan untuk rencana yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *