Tips Belanja Hemat Dengan Mengubah Kebiasaan Lama

Belanja merupakan aktivitas sehari-hari untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Kegiatan ini sebenarnya hal yang susah-susah mudah dilakukan, apalagi jika sudah berkeluarga lebih dituntut untuk berhemat. Belanja hemat merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran.

Belanja secara efisien sangat penting dilakukan agar uang hasil bulanan tidak habis sebelum waktunya atau bisa ada lebih untuk ditabung. Ada beberapa cara belanja pintar yang mesti Anda lakukan agar bisa lebih berhemat dan menghindar dari godaan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Buat Daftar Belanjaan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum belanja hemat adalah membuat daftar barang-barang yang harus dibeli. Dengan membuat daftar tersebut dapat menghindari membeli barang yang tidak penting dan mengingat barang yang harus dibeli.

Usahakan membuat urutan dari barang yang terpenting. Jika Anda termasuk tipe orang yang mudah tergoda, bisa ditambahkan keterangan di daftar alasan mengapa Anda harus membeli barang tersebut.

Buat Jadwal Belanja

Agar waktu belanja lebih tertib dan lebih hemat, sebaiknya buat jadwal belanja. Sebagai gambaran, Anda bisa belanja mingguan untuk kebutuhan makan sehari-hari dengan pertimbangan bahan-bahan yang dibeli masih dalam kondisi segar di dalam kulkas dan mencegah terbuang percuma akibat busuk. Selain itu, untuk kebutuhan pokok lainnya seperti: sabun, shampoo, odol dsb bisa dijadwalkan per satu bulan.

Baca Juga: 3 Tips Belanja Hemat di Toko Online Shop Murah

Bawa Uang Dengan Jumlah Yang Dibutuhkan

Setelah membuat daftar belanjaan, Anda bisa mengetahui buget yang dibutuhkan. Sebaiknya jangan bawa uang dengan selisih yang banyak. Sebaiknya bawa secukupnya saja sesuai dengan daftar belanjaan. Lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga jika ada kenaikan harga, Dengan membawa uang secukupnya, diharapkan bisa lebih fokus pada barang yang utama yang ada di dalam daftar belanjaan.

Hindari Belanja Dengan Kartu Kredit Atau Debit

Belanja menggunakan kartu debit atau kredit memang menyenangkan dan lebih praktis. Karena dengan menggunakan sistem pembayaran tersebut justru membuat pengeluaran tidak terkendali. Dibandingkan menggunakan kartu kredit lebih baik menggunakan kartu debit. Karena penggunaan kartu kredit adalah Anda menggunakan uang pinjaman dari bank yang digunakan untuk belanja dan setiap bulan aka nada anggaran pembayaran angsuran kredit. Jika tidak pandai mengelola kartu kredit dikhawatirkan ada waktu kantong tipis sebelum waktunya karena harus melakukan pembayaran.

Berbeda dengan kartu debit, uang yang digunakan adalah uang tabungan Anda sendiri. Namun tetap penggunaannya harus terkontrol. Jika memang ingin menggunakan kartu debit pastikan jumlah saldonya tidak terlalu banyak, Anda bisa membuat kartu khusus untuk belanja bulanan.

Mengubah kebiasaan belanja semaunya memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa mengubah kebiasaan dalam hal menggunakan uang. Perubahan hidup belanja hemat bisa diterapkan secara berkala dan konsisten. Kuncinya adalah disiplin mengatur keuangan. Jika sudah biasa akan terasa lebih menyenangkan. Selamat berhemat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *