Tips Belanja Hemat Jelang Lebaran

Jelang Hari Lebaran tentunya menjadi masa-masa yang membahagiakan karena semakin dekat dengan hari kemenangan , namun menjelang hari lebaran juga bisa menjadi masa yang cukup membuat cemas para ibu rumah tangga, karena pada hari-hari tersebut, banyak alokasi dana yang harus dikeluarkan. Namun, tak perlu cemas, karena berikut ini ada beberapa tips belanja hemat yang bisa diterapkan oleh para ibu rumah tangga ketika menghadapi lebaran.

  • Buat Daftar Budgeting Belanja

Kenapa menjelang lebaran pengeluaran semakin boros dan pengeluaran tidak terkendali? Hal ini karena tidak adanya daftar budgeting yang dibuat. Padahal, daftar budgeting ini sangatlah penting, apalagi menjelang lebaran. Hal ini untuk mencegah terjadinya pemborosan ketika belanja kebutuhan lebaran.

Biasanya, yang seringkali terjadi adalah berbelanja tanpa adanya alokasi dana yang benar, hal ini menyebabkan ketika semua barang sudah di tangan, banyak dana yang seharusnya bisa dihemat, namun ternyata justru dikeluarkan karena ‘kalap’ dan tidak terkendali ketika berbelanja. Apalagi jika jelang lebaran banyak sekali diskon, hal ini tentunya akan semakin membuat banyak ibu rumah tangga kalap ingin membeli semua barang tersebut.

  • Cermat Membedakan Mana Kebutuhan dan Mana Keinginan

Tips belanja hemat selanjutnya adalah harus cermat ketika membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan mudah mengeluarkan uang ketika melihat suatu barang, padahal barang tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan, hal ini bisa membuat pembengkakan anggaran.

  • Buat Budgeting THR dan Parcel

Ketika lebaran, memberi THR dan parcel sudah menjadi suatu  hal yang lumrah. Oleh karena itu, pengeluaran ini juga harus disusun dengan cermat dan tepat. Siapa saja yang akan mendapatkan THR, dan siapa saja yang akan dikirimi parcel.

  • Sederhanakan Makanan

Memberikan suguhan pada tamu ketika lebaran tentunya merupakan sesuatu yang harus dilakukan, akan tetapi yang harus diingat adalah jangan berlebihan. Jangan membeli makanan terlalu banyak, karena bisa jadi tidak termakan dan akhirnya mubadzir.

  • Gunakan 50% THR

Apabila mendapatkan THR dari kantor atau perusahaan ketika lebaran, sebaiknya tidak menggunakan seluruhnya untuk keperluan hari raya. Cukup gunakan 50% saja, dan 50% lainnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya seperti biaya sekolah atau membayar cicilan.

  • Atur Dana Mudik

Untuk keperluan mudik, sebaiknya diatur beberapa bulan sebelum lebaran. Hal ini karena pembelian tiket pesawat maupun kereta akan lebih murah ketika dibeli jauh-jauh hari sebelum lebaran. Selain itu, keperluan dana mudik juga bisa dengan cara menyisihkan anggaran tiap bulan, sehingga tidak mengganggu dana belanja lebaran.

Itulah beberapa tips belanja hemat yang bisa diaplikasikan saat jelang lebaran. Yang terpenting ketika melakukan semua tips tersebut adalah harus ada komitmen, agar belanja dengan hemat bukan hanya menjadi angan-angan belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *