Tips Belanja Hemat Saat Puasa dan Jelang Lebaran

Saat menyambut puasa dan lebaran, biasanya kebutuhan rumah tangga dan sehari-hari akan meningkat. Dan apabila tidak cermat, ini bisa menyebabkan dompet bobol dan keuangan rumah tangga jadi amburadul. Oleh karena itu, perlu disiati mengenai anggaran belanja saat puasa dan lebaran. Dan berikut ini adalah tips belanja hemat saat puasa dan jelang lebaran :

  1. Belanja Jauh Hari Sebelum Puasa dan Lebaran

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri biasanya barang-barang akan mengalami kenaikan harga, termasuk pula harga bahan makanan pokok. Oleh karena itu, untuk menghindari kenaikan harga, sebaiknya berbelanja jauh-jauh hari. Seperti belanja pakaian, bahan makanan yang tahan lama, dan kebutuhan puasa dan lebaran lainnya.

  1. Buat Daftar Prioritas Belanja

Tips belanja hemat selanjutnya adalah buat daftar belanja prioritas. Kita seringkali tergoda membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hanya berdasarkan keinginan sesaat, dan inilah salah satu faktor yang menyebabkan boros dan keuangan keluarga tidak tertata. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk membuat prioritas belanja, yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Untuk bulan puasa dan lebaran, sebaiknya utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Apalagi selama puasa dan lebaran ini kebutuhan pokok biasanya meningkat, seperti ada buka bersama atau menyambut sanak saudara datang ke rumah untuk silaturrahim.

  1. Jangan Lupa Sedekah dan Zakat

Ramadhan merupakan bulan dimana kebajikan pahalanya dilipatgandakan. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk bersedekah serta membayar zakat, dan gunakan ini sebagai prioritas utama.

  1. Cari Diskon

Terbiasa memakai baju baru saat lebaran? Sebaiknya cari yang diskonan. Apalagi saat Ramadhan serta Lebaran banyak momen diskon di Mall dan Swalayan. Meski begitu tetap harus teliti saat membeli barang diskon, pilih yang bagus dan tidak cacat produksi atau rusak. Sedangkan untuk sajadah, mukena, serta sarung, apabila dirasa masih bagus, sebaiknya tidak perlu membeli yang baru, manfaatkan dan gunakan barang lama yang masih bisa digunakan, kecuali apabila barang-barang tersebut memang telah usah karena digunakan setiap hari.

  1. Anggaran Silaturrahmi

Setiap lebaran di Indonesia ada budaya berkunjung da bersilaturrahmi ke saudara atau bisa dikatakan dengan istilah mudik, dan biasanya untuk mencari tiket sangatlah susah. Apabila berniat untuk pulang kampung, sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari, karena apabila jelang lebaran, selain susah, maka bisa saja kita akan bertemu dengan calo tiket yang memberi harga tiket lebih mahal beberapa kali lipat. Jangan lupa juga untuk menyisihkan atau membuat naggaran untuk memberikan uang saku (salam tempel) untuk anak-anak dan keponakan.

Itulah beberapa tips belanja hemat yang harus dilakukan saat puasa dan jelang lebaran. Yang terpenting adalah utamakan kebutuhan pokok agar keuangan tidak berantakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *