Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga yang Wajib Disimak

Ibu rumah tangga tidak hanya bertugas mengurus rumah dan keluarga saja di rumah. Tapi perannya sebagai manager dalam mengelola keuangan keluarga juga tidak kalah penting. Tidak jarang ibu dituntut untuk bisa hemat sekaligus tetap memenuhi kebutuhan keluarga dengan baik. Berikut ini tips belanja hemat untuk ibu rumah tangga yang wajib disimak.

Belanja Makanan Seminggu Sekali

Penghematan dapat dimulai dengan mengurangi frekuensi belanja. Jika biasanya Anda berbelanja setiap hari, maka cobalah untuk berbelanja seminggu sekali. Ini dapat dilakukan untuk bahan makanan yang tahan lama. Anda bisa membuat list belanja yang benar-benar diperlukan dan membelinya dalam jumlah yang cukup dalam rentang waktu tertentu, sehingga Anda tidak harus membelinya tiap hari.

Hindari Menggunakan Troli

Menggunakan troli saat berbelanja di supermarket ternyata bisa memicu untuk berbelanja yang lebih banyak. Jika Anda memang hanya akan berbelanja sedikit, cukup gunakan keranjang belanja kecil saja dan sebaliknya.

Rumus Mencatat 12 Produk

Rumus 12 produk ini berisi catatan kebutuhan rutin terpenting keluarga, seperti susu, roti, beras dan sebagainya. Hindari menuliskan lebih banyak kebutuhan selain kebutuhan dasar. Anda juga bisa membandingkan antara belanja di pasar dengan di swalayan. Jika ada perbedaan yang signifikan, maka Anda akan tahu belanja mana yang paling hemat itu.

Pastikan Harga di Kasir Sudah Benar

Tidak jarang, informasi harga pada label barang dengan di kasir mengalami perbedaan. Ini karena kasir swalayan biasanya sudah mengupgradi informasi produk baru serta harganya. Pastikan harga yang dilihat di rak kasir, sudah sesuai dengan harga sebelum dibayar. Pastikan harga di kasir selalu sama dengan harga aslinya. Jika keliru, Anda bisa menegur atau menanyakan apakah memang ada perubahan harga yang belum diperbaharui pada label harga. Jika Andan mendapati diskon dan ternyata kasir melewatkannya, Anda juga berhak untuk memintanya.  

Manfaatkan Kartu Diskon

Potongan harga atau diskon selalu tersedia untuk berbelanja di swalayan atau supermarket. Pastikan untuk selalu memanfaatkan fasilitas kartu diskon ini. Karena saat sudah memegang kartu diskon, seluruh belanjaan Anda akan mendapat potongan harga dan belanja akan lebih hemat.

Jangan Tergoda Kemasan

Kemasan produk dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen agar membeli. Jika Anda berniat untuk belanja hemat, hati-hati dengan jebakan ini. Tidak selalu kemasan yang menarik pada barang tertentu, merupakan barang yang benar-benar Anda butuhkan. Karena yang lebih penting adalah memastikan berberbelanja produk yang kemasannya utuh dan tidak cacat. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Siapkan Kartu Diskon, dan Belanja Seperlunya Saja

Memegang kartu diskon memang bermanfaat untuk mengurangi nominal belanja. Tetapi, jangan juga digunakan sembarangan. Anda bisa menggunakan kartu diskon yang Anda miliki tetapi tetap berbelanja seperlunya saja.

Demikian tadi beberapa tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *