Tips Belanja Mudah dan Aman dari Situs Luar Negeri

Kemudahan dalam transaksi dan pembayaran, membuat belanja secara online menjadi tren tersendiri saat ini. Tidak jarang, Anda juga akan tergoda berbelanja secara online dari situs luar negeri. Situs luar negeri biasanya menawarkan jenis barang yang lebih beragam. Karena berasal dari luar negeri, tentu harga yang ditawarkan akan berbeda. Lalu, apakah berbelanja pada situs luar negeri pasti aman? Belum tentu. Berikut ini tips belanja mudah dan aman dari situs luar negeri yang perlu Anda tahu.

Pilih Situs yang Terpercaya

Dalam berbelanja secara online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa situs belanja. Baik belanja dari situs lokal mauun luar negeri. Pilih situs yang memang sudah terpercaya mengirimkan barang ke luar negeri. Anda bisa membaca review atau komentar orang lain soal situs tersebut.

Cek Syarat dan Ketentuan Pengiriman Barang

Setiap situs belanja biasanya memiliki syarat dan ketentuan tertentu dalam pengiriman barang. Apalagi pada situs luar negeri, yang akan mengirimkan barang antar negara. Pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu soal syarat dan ketentuan yang berlaku. Termasuk ongkos kirim antar negara, lama waktu pengiriman hingga kebijakan lain jika barang yang diterima rusak. Jika Anda masih ragu, jangan malu untuk mengirimkan e-mail atau menelpon situs tersebut untuk menanyakan sistem pengiriman barangnya.

Pahami Benar Cara Pembayaran Barang

Situs belanja luar negeri pada umumnya menggunakan kartu kredit untuk pembayaran barang mereka. Tetapi tidak jarang juga mengugnakan paypal atau bahkan western union. Sebelum melakukan transaksi, pahami benar cara pembayaran barang yang Anda inginkan ini. Pahami kerugian dan kelebihan dari setiap jenis pembayaran sebelum memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Tidak hanya itu, cermati pula modus penipuan yang sering terjadi di setiap jenis pembayaran. Hal ini penting agar Anda lebih waspada selama melakukan transaksi.

Pahami Pajak di Bea Cukai

Berbeda dengan paket dalam negeri, paket yang berasal dari luar negeri beresiko terkena cukai ataupun bea masuk. Karenanya, sebelum melakukan pembayaran, lebih baik Anda cek sekali lagi pajak yang dikenakan oleh Bea Cukai Indonesia. Menurut Peraturan Menteri Keuangan, barang kiriman dari luar negeri dengan harga kurang dari 50 USD masih bebas bea masuk. Namun, jika lebih dari harga tersebut maka akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), atau Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Penghitungan pajak dan bea masuk masing-masing barang pun akan tergantung pada harga paket yang Anda diterima dan ongkos kirim paket tersebut.

Demikian tadi beberapa tips belanja mudah dari situs luar negeri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *