Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman Saat Bertransaksi

Saat ini siapa yang tak kenal dengan internet. Semua orang sudah mulai menggunakan internet baik dari laptop, komputer, smartphone hingga gadget terbaru lainnya. Dengan internet banyak hal yang dulunya harus dilakukan dengan mengeluarkan tenaga namun kini bisa dilakukan dengan lebih ringan dan nyaman. Salah satu kegiatan yang kini dapat dilakukan dengan internet adalah kegiatan jual beli. Hampir 80% orang di Indonesia sudah mengenal dan mencoba jual beli di internet. Namun bukan berarti jual beli di internet 100% aman. Ada beberapa tips belanja online yang harus diperhatikan agar transaksi via internet tidak berujung pada kerugian.

Internet memang merupakan media bertemunya orang-orang dari pelosok daerah bahkan dunia. Hal ini menjadikannya media terbaik untuk mempromosikan barang dagangan yang dulunya hanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang bisa bertemu secara langsung. Namun kini dengan internet, penjual bahkan hanya perlu memasang foto saja untuk berjualan. Hal tersebut menjadikan berjualan di internet jauh lebih mudah.

Namun untuk sebagian orang, kemudahan tersebut justru dijadikan cara untuk menipu orang lain dengan hanya menjual barang abal-abal tanpa melakukan pengiriman barang setelah menerima pembayaran atau menggunakan modus lainnya seperti mengirim barang yang berbeda kualitasnya.

Agar Anda tidak terkena dampak dari penipuan di jual beli via internet, maka ada baiknya mengecek terlebih dahulu beberapa point seperti berikut ini yang dapat digunakan sebagai tips belanja online:

  1. Perhatikan domain dari situs jual beli yang ingin Anda beli produknya, pastikan berasal dari domain berbayar dan bukan dari domain gratisan karena hal ini menunjukkan keseriusan penjual.
  2. Lihat dari foto produk yang diberikan, jika foto tersebut digunakan di berbagai laman jual beli lainnya maka besar kemungkinan bahwa penjual tidak memiliki barang aslinya.
  3. Tanyakan stok dan kualitas bahan, ukuran dan lainnya secara rinci sebelum Anda melakukan pemesanan dan pembayaran.
  4. Gunakan rekening bersama jika perlu.
  5. Cek komentar pembeli yang lainnya yang sudah pernah bertransaksi.

Dengan menerapkan tips belanja online diatas, Anda akan dapat memilih penjual mana yang betul-betul menjual barang yang dimilikinya atau hanya menjual produk milik orang lain yang pastinya memberikan harga lebih mahal. Pilihlah penjual yang sudah memiliki nama dan dipercaya dari testimoni pelanggan dan bukti pengiriman barang yang biasanya diupload di laman jual beli tersebut. Jika Anda membeli dari perseorangan maka gunakanlah rekening bersama agar uang Anda lebih aman dan hanya ditransfer ke penjual saat Anda mengkonfirmasi penerimaan barang. Internet memang bisa memudahkan banyak kegiatan manusia namun bukan berarti kita dapat lengah karena kejahatan bisa mengintai di mana saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *