Tips Belanja Online Agar Tidak Ditipu

Tips Belanja Online Dengan kemajuan teknologi saat ini, memudahkan orang-orang dalam melakukan aktifitasnya, terlebih lagi untuk melakukan belanja, hingga perlu mengetahui untuk tips belanja online. Banyak sekali tips-tips yang disuguhkan, terlebih lagi di situs-situs online. Para konsumen belanja online ini tidak hanya kalangan orang tua saja, banyak sekali remaja-remaja yang melakukannya. Tips belanja online saat ini sangat dibutuhkan mengingat banyaknya penipuan yang berkedok belanja online. Memang agak susah membedakan situs-situs yang benar-benar terpercaya. Karena yang melakukan penipuan, sudah sangat cerdik dan susah untuk memperkirakan apakah situs tersebut terpercaya atau tidak.

Tips Belanja Online Agar Tidak Ditipu

Ada beberapa tips belanja online yang perlu diperhatikan untuk menghindari terjadi penipuan yang sering terjadi jika melakukan transaksi, antara lain;

  1. Melakukan riset mengenai situs tersebut. Banyaknya komentar baik tidak menjamin situs tersebut terpercaya maupun tidak. Karena ada beberapa situs yang memberikan komentar baik namun ternyata menipu pelanggan. Tetapi disela-sela komentarnya, tentunya ada beberapa komentar yang memberikan nilai negatif pada situs tersebut. Meskipun susah mencarinya, namun itu adalah langkah yang terbaik. Atau juga melakukan pencarian melalui mesin pencari seperti Google untuk mengetahui kebenaraannya.
  2. Biasanya setiap situs belanja akan memberikan kebijakan serta peraturan dalam melakukan transaksi. Seperti pengembalian barang jika terjadi cacat dan lain sebagainya. Perlu juga untuk membaca kebijakan serta peraturan yang disediakan oleh situs tersebut untuk menghindari kecurangan.
  3. Bandingkan harga pada setiap situs untuk menghindari penipuan harga dengan barang dan spesifikasi yang sama. Seharunya jika barang yang sama dengan situs yang berbeda, tidak akan mengalami perbedaan harga yang cukup jauh, hal tersebut tidak termasuk dengan biaya pengiriman.
  4. Perlunya mengecak barang yang akan dibeli. Tidak semerta-merta langsung saja untuk melakukan transaksi. Juga perlunya kebijakan untuk memilih barang tersebut dan tidak perlu membeli barang yang tidak dibutuhkan, karena biasanya jika melakukan belanja online, langsung memilih banyak barang tanpa dilihat kebutuhannya.
  5. Jika ingin membeli baju maupun sepatu, setidaknya harus mengetahui ukuran dan kondisinya. Jangan mudah tergiur dengan murahnya. Sesuaikan barang dengan kondisi saat ini. Terlebih lagi jika untuk sepatu. Tidak semua sepatu memiliki ukuran yang sama, lebih baik mencari ukuran sepatu dengan ukuran yang sebenarnya dengan ukuran metris.
  6. Jika sudah melakukan transaksi, perlunya menyimpan bukti pembayaran untuk menghidari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika barang tersebut dikirm melalui jasa pengiriman, sebaiknya mintakan kode pengiriman agar bisa dilacak sampai mana pengirimannya.

Untuk tips belanja online ini juga bisa diterapkan dengan situs belanja yang ada di media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook. Perlunya juga bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah memakai jasa situs tersebut. Jika situs tersebut milik salah satu teman, lebih baik untuk menjaga profesionalitas antara penjual dengan pembeli. Tetapi juga perlunya komunikasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *