Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan dalam transaksi belanja online. Banyak orang memilih membayar menggunakan kartu kredit karena dirasa lebih praktis dan lebih mudah. Dan berikut ini adalah beberapa tips aman saat bertransaksi online menggunakan kartu kredit:

  1. Gunakan Kartu Kredit di Situs Terpercaya

Saat menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran dalam transaksi online, pastikan tempat situs untuk berbelanja adalah situs atau toko online yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik. Apabila menemukan email penawaran dari toko online dengan link tertentu sebaiknya abaikan saja karena bisa jadi email ini digunakan untuk mengambil data kartu kredit yang digunakan untuk berbelanja.

  1. Hati-hati Ketika Mengetik URL

Saat masuk ke situs suatu toko online, sebaiknya langsung mengetik alamat URL situs di browser, jangan masuk lewat link agar lebih aman. Hal ini memang terbilang repot karena harus mengetik alamat URL dengan benar, namun tentunya hal ini bisa membantu untuk menjaga keamanan ketika belanja online.

  1. Memasukkan Data Kartu Kredit di Tempat Aman

Saat memasukkan data kartu kredit untuk transaksi online, sebaiknya dilakukan di tempat yang aman. Selain itu, pastikan jika situs yang hendak dimasuki aman, tandanya adalah terdapat gambar gembok pada sudut kanan bawah halaman atau terdapat lencana VeriSign pada bawah laman situs.

  1. Lindungi Komputer dengan Anti-Spyware dan Anti-Virus Terupdate

Pastikan komputer yang digunakan untuk bertransaksi online aman dan terlindungi dari para hacker serta virus yang bisa membawa browser ke situs palsu sehingga bisa membahayakan data perbankan. Gunakan software anti-virus serta anti-spyware paling baru sehingga komputer terjamin keamanannya.

Baca Juga: Ingin Belanja Online Aman? Ikuti 6 Tips Belanja Online Ini

  1. Transaksi dengan PC Pribadi

Bertransaksi online memang memberikan kemudahan karena bisa dilakukan dimana saja, akan tetapi jangan bertransaksi di sembarang tempat. Gunakan PC pribadi jika ingin berbelanja, karena apabila menggunakan komputer umum, resikonya lebih tinggi untuk dicuri data kartu kredit yang kita gunakan saat bertransaksi.

  1. Cetak Bukti Pembayaran Online

Saat menggunakan kartu kredut untuk transaksi, jangan lupa untuk selalu mencetak bukti atau konfirmasi pembayaran. Bandingkan angka yang ada pada bukti pembayaran dengan angka yang ada pada tagihan kartu kredit, pastikan keduanya sama dan identik. Selain itu, jika terdapat masalah dalam bertransaksi, kita memiliki bukti validasinya.

  1. Gunakan Kartu Kredit dengan Pelayanan Nasabah Berkualitas

Sebaiknya pilih kartu kredit yang memiliki pelayanan nasabah berkualitas sehingga apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, bank akan membantu dan tidak mempersulit.

  1. Jangan Bertransaksi Kartu Kredit Lewat Ponsel

Sebaiknya jangan menggunakan ponsel untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit, karena tingkat keamanan ponsel terbilang rendah, dan akan sangat bahaya apabila ponsel hilang dan akhirnya ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Itulah beberapa tips ketika melakukan belanja online menggunakan kartu kredit. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan tidak melampaui batas agar dikemudian hari tidak terbebani oleh tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *