Tips Belanja Online untuk Membeli Hewan Hidup yang Perlu Anda Perhatikan

Internet saat ini sudah dipergunakan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memberikan kenyamanan, kecepatan dan efisiensi kerja. Salah satu kegunaan internet saat ini adalah sebagai media pemasaran produk karena jangkauannya yang super luas. Berbagai produk bisa diperjualbelikan di internet mulai dari produk fashion, rumah tangga, elektronik, bahan makanan, makanan jadi hingga hewan peliharaan. Produk yang terakhir tersebut kini marak dipasarkan melalui internet karena pemilik hewan atau peternak umumnya masih sedikit dengan peminat yang banyak dan tersebar di berbagai wilayah. Bagi Anda yang ingin membeli hewan melalui internet, berikut ini tips belanja online agar transaksi Anda aman.

Tidak seperti produk barang yang lain, hewan peliharaan belum banyak dijual di berbagai kota. Ada kalanya hewan tertentu banyak ditakarkan atau diternakkan di wilayah tertentu namun tidak ada di kota lainnya. Padahal peminat hewan peliharaan sangatlah banyak dan lokasinya tersebar di seluruh nusantara. Karenanya bagi para peternak hewan peliharaan yang berniat untuk menjual hewan hasil breeding mereka, internet merupakan cara yang paling menguntungkan.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli hewan kesayangan dari internet, ada beberapa point yang harus diperhatikan terutama jika penjual tidak berlokasi di kota yang sama dengan Anda. Jika lokasi penjual lebih dekat maka Anda bisa memantaunya secara langsung untuk bisa memastikan kondisi hewan. Namun jika tidak maka tips belanja online berikut ini bisa dilakukan

  • Lihat riwayat penjual atau peternak tersebut dari testimoni pelanggan sebelumnya.
  • Lihat koleksi hewan yang dimiliki.
  • Chat terlebih dahulu dengan penjual menggunakan nomor yang diberikan. Lihat respon penjual apakah mau memberi bimbingan terlebih dahulu tentang cara memelihara hewan yang benar.
  • Minta penjual untuk menunjukkan foto indukan hewan yang akan dibeli melalui chat pribadi.
  • Tanyakan apakah hewan tersebut perlu mendapatkan vaksin atau obat secara rutin.

Baca Juga: Tips Belanja Online Secara Aman Agar Terhindar dari Tipuan

Dari berbagai pengalaman berbelanja hewan kesayangan online, memang tak sedikit yang mengalami penipuan dengan modus mengirimkan hewan yang tidak sama dengan foto yang diiklankan. Untuk itu Anda harus benar-benar memilih penjual yang terpercaya. Misalnya ketika Anda memilih untuk membeli kucing, maka carilah penjual atau breeder kucing ternama di internet untuk kemudian Anda lakukan survey terlebih dahulu dari riwayat penjualannya. Jika penjualan yang dilakukan menghasilkan banyak komentar baik maka penjual tersebut layak untuk dijadikan tempat membeli.

Itulah beberapa tips belanja online untuk mengadopsi hewan peliharaan dari internet. Bagi Anda yang ingin melakukannya, pilihlah terlebih dahulu hewan yang disukai dan ingat bahwa mengadopsi hewan merupakan sebuah komitmen seumur hidup baik ketika hewan masih kecil atau sudah tua, dalam keadaan sehat ataupun sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *