Tips Beli Motor Bekas di Bekasi Secara Online

Agar bisa menjadi pemilik sah motor bekas, penting untuk mengetahui syarat-syarat balik nama motor. Hal tersebut penting dilakukan agar motor bekas tidak bermasalah kelak, karena balik nama merupakan proses mengurus penggantian nama di surat-surat kelengkapan motor.

Selain itu, balik nama motor merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa motor yang dibeli bukan motor bodong atau motor curian. Terlebih jika motor yang akan dibeli tersebut dijual secara online, seperti yang jamak terjadi di Bekasi.

Bekasi merupakan daerah dengan mobilitas warga yang tinggi, karena sebagian besar warganya bekerja, kuliah, atau beraktivitas di Jakarta. Oleh sebab itu, motor menjadi kendaraan yang banyak digunakan.

Tinginya harga motor baru, membuat permintaan motor bekas semakin meningkat. Oleh sebab itu banyak orang yang mulai usaha penjualan motor bekas. Agar dapat menjangkau pembeli lebih luas, maka para penjual kerap berjualan secara online.

 

 

Meski dijual secara online, penting untuk melakukan hal-hal berikut untuk menghindari penipuan.

  1. Beli motor sesuai kebutuhan dan kantong

Sebelum membeli, carilah motor yang memang sesuai dengan keperluan kalian. Apabila kalian hanya akan memakai motor tersebut untuk alat transportasi, carilah motor dengan cc rendah dan harga yang paling sesuai dengan budget yang dimiliki.

Berbeda halnya ketika kalian memang ingin membeli motor yang ternyata motor tersebut terbatas penggunanya. Seperti motor balap, motor yang telah dimodifikasi ataupun motor gede yang susah didapatkan. Apabila kebutuhan kalian seperti ini, harga sepertinya tidak akan menjadi masalah.

  1. Bandingkan harga di tempat satu dengan tempat lainnya.

Tidak ada standarisasi khusus soal harga jual motor bekas. Oleh sebab itu, agar tidak tertipu dan membeli terlalu mahal, pastikan untuk membandingkan harga dengan toko lain. Terlebih pada harga motor tersebut jika beli baru.

Hal tersebut penting dilakukan agar motor yang dibeli dapat ditawar dan menghindari penjual yang ingin mengambil keuntungan berlebih.

  1. Pastikan motor memiliki surat-surat yang lengkap

Setelah menemukan motor yang cocok, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa motor yang akan dibeli memiliki kelengkapan surat. Pastikan STNK dan BPKB adalah benar adanya, bukan surat bodong.

Untuk mengetahui apakah STNK dan BPKB tersebut tidak bodong, pemerintah telah menyediakan pengecekan secara online. Tinggal masukan nomer dari STNK dan BPKB tersebut, selanjutnya informasi mengenai kendaraan yang akan dibeli muncul.

Setelah mengecek STNK dan BPKB, yang berikutnya adalah memastikan motor tersebut selalu rutin dibayarkan pajak. Hal ini dapat mempengaruhi besarnya harga jual, bila pajak tidak dibayarkan maha harga motor biasanya akan turun dari harga pasaran.

Selain itu, pastikan pula tempat pembelian motor tersebut dekat dengan tempat domisili sesuai KTP. Seperti kalian yang tinggal di Bekasi, maka carilah motor bekas di Bekasi. Karena proses mengurus surat-surat hanya bisa dilakukan pada Samsat terdekat dengan domisili sesuai KTP.

  1. Cek fisik motor

Walaupun motor bekas, pastikan tidak ada cacat yang fatal. Jangan sampai baru saja membeli, namun sudah harus ada yang di perbaiki.

Cara pengecekan fisik yang paling memungkinkan adalah mencoba motor tersebut, paling tidak sejauh 1 kilometer. Setelah pengecekan tersebut, apabila ada yang terasa janggal langsung diadukan. Hal tersebut dapat mempengaruhi harga yang akan disepakati.

Berikutnya setelah mencoba kendaraan, lihat kilometer yang sudah ditempuh oleh kendaraan. Bila kilometer yang ada sudah cukup jauh, bukan tidak mungkin akan menguntungkan pembeli dengan menurunkan harga jualnya.

  1. Warna Motor

Ternyata warna motor dapat memengaruhi harga jual. Apabila menginginkan harga yang lebih murah, pilihlah warna-warna sedikit cerah. Hal tersebut terjadi karena jarang ada pembeli yang menginginkan warna cerah.

Untuk mencegah penumpukan motor di gudang, maka terkadang motor-motor warna cerah akan dijual lebih murah untuk menarik pembeli.

Namun, jika anda berecana untuk menjual kembali motor tersebut, jangan membeli warna cerah karena harga jualnya pasti akan turun. Sebaiknya pilihlah warna yang tidak terlalu menonjol. Warna tersebut seperti hitam, putih, ataupun silver.

 

Sumber Gambar :

https://www.pexels.com/photo/bikers-bikes-driver-machine-595807/

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *