Tips Berburu Barang Antik Agar Tak Tertipu

Barang antik untuk sebagian besar orang mempunyai daya tarik tersendiri. Entah dari segi kelangkaan sejarah, hingga bentuknya yang beragam dan unik. Harganya yang cukup tinggi ternyata juga tak membuat kolektor jera saat berburu.  Barang antik dapat berupa apa pun, mulai dari kendaraan, aksesoris rumah tangga. Seringnya, semakin langka barang tersebut akan semakin banyak yang mengkoleksinya. Semakin langka barang, harganya pun juga akan semakin mahal.

Tips Berburu Barang Antik Agar Tak Tertipu

Jika Anda tertarik berburu barang antik, lebih baik jangan terburu-buru. Anda harus mengetahui terlebih dulu bagaimana cara memilih, agar Anda tak tertipu oleh penjual nakal. Ada beberapa tips yang bisa digunakan saat membeli barang-barang ini.

Cari Informasi

Sebelum melakukan pembelian, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai barang antik tersebut. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan Anda mengalami penipuan. Browsing di internet, majalah, koran atau bertanya pada kolektor lain bisa digunakan sebagai alternatif. Sesudah memperoleh banyak informasi, cari tahu berapa kisaran harga barang tersebut, kemudian lakukan penawaran.

Teliti Sebelum Melakukan Pembelian

Ini adalah langkah yang paling penting sebelum bertransaksi. Jangan sampai Anda salah memilih barang antik palsu hanya karena bentuknya sama persis dengan barang asli. Sekarang ini banyak barang tiruan di pasaran. Oleh sebab itu Anda harus lebih berhati-hati sekaligus memeriksa barang tersebut sebelum melakukan transaksi. Cari tahu ciri barang palsu dan asli untuk memudahkan Anda melakukan pengecekan barang.

Periksa Keaslian Barang

Anda juga bisa mencari tahu sejarah barang antik dari kolektor untuk memeriksa keaslian barang. Tanyakan pada penjual tentang sejarah barang. Jika penjual tak mengetahui sejarah barang, cari tahu tanggal pembuatan yang biasanya terukir di benda tersebut.

Lakukan Tawar Menawar Harga

Walaupun pada barang antik, semakin lama semakin mahal, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menawarnya. Ada beberapa barang yang dijual murah, apalagi bila menemukan kecacatan di sana. apalagi, biasanya para penjual menaikkan harga yang sangat tinggi, jauh diatas harga banderol. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan penawaran terlebih dulu sebelum, yakin melakukan transaksi pembelian.

Bandingkan Harga

Pasti, barang antik serupa juga dijual di beberapa tempat lain. Anda bisa mencari tahu sebanyak mungkin ke penjual yang menjual barang yang ingin Anda beli. Sesudah menemukan alamat penjual tersebut, mulai lah lakukan pencarian produk, untuk mengetahui harga yang mereka jual. Produk yang sama bisa berbeda harga di tiap penjual. Dengan perbandingan harga, Anda bisa mengetahui standar harga barang.

Buat Anggaran
Tentukan budget yang dibutuhkan untuk pembelian barang yang Anda ingini. Agar, ketika Anda melakukan pembelian, barang tersebut sesuai dengan anggaran yang sudah Anda tentukan. Cara tersebut penting agar menghindari penyesalan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *