Tips Cermat Belanja Aman di Instagram

Berkembangnya teknologi juga turut mempengaruhi gaya hidup dari manusia kebanyakan. Hampir semua aspek kehidupan kini telah dimasuki oleh teknologi sehingga manusia mendapatkan kemudahan lebih dalam menjalankan hidupnya. Salah satu yang paling kentara adalah adanya sistem belanja online. Kini belanja online juga sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak dapat terpisahkan karena dapat belanja aman dan lebih mudah.

Selain menggunakan website, umumnya para toko online juga menyediakan akun media sosial sebagai media jualannya, salah satunya adalah instagram. Media sosial ini memang khusus untuk menampilkan foto dan juga video sehingga mempermudah penjual dalam berjualan dan pembeli yang ingin langsung melihat produknya. Namun banyak juga kelemahan dari jual beli via instagram ini. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa tips belanja aman di instagram berikut ini:

  • Perhatikan testimoni dari pembelinya

Sebelum betul-betul melakukan pembelian di instagram, ada baiknya Anda memperhatikan lebih dulu testimoni dari pihak pembeli yang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah karena Anda dapat langsung melihat komentar dari pembeli atau konsumennya. Selain itu, jangan percaya pada toko online di instagram dengan follower banyak karena belum tentu follower tersebut nyata.

  • Perhatikan para endorser

Kini banyak sekali toko online yang menggunakan jasa endorse untuk mengiklankan toko online mereka. Endorsement ini juga bisa menjadi sebuah tolak ukur untuk kepercayaan pembelinya. Jika endorser adalah orang atau artis terkenal, maka 95% toko online tersebut dapat dipercaya karena dapat diakui jika untuk endorse kepada orang terkenal juga bukan hal yang mudah dan memakan biaya yang cukup tinggi.

  • Perhatikan gambar dari produknya

Setelah merasa jika toko online tersebut memang aman, selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan gambar dari semua produknya. Secara umum, efek kamera bisa membuat gambar produk di foto lebih bagus dan tajam dibanding gambar aslinya sehingga terlihat semakin menarik pembeli. Jika toko online tersebut memang jujur, maka umumnya akan bisa memberikan kualitas produk jualan yang 90% sama dengan gambar di foto. Namun jika Anda memang ingin mengetahui gambar aslinya, maka bisa meminta pihak penjual mengirim gambar aslinya.

  • Metode pembayaran

Biasanya toko online melayani berbagai cara pembayaran mulai dari transfer, COD, kartu kredit dan lain sebagainya. Namun jika untuk COD terlalu jauh, maka Anda bisa membayar dengan transfer dengan tidak lupa meminta resi pengirimannya sehingga lebih aman.

Belanja online memang mampu memberikan kenyamanan untuk para konsumennya karena lebih mudah dan praktis. Saat ini, belanja online di Indonesia pun sudah mulai meningkat keamanannya sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk belanja aman via online.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *