Tips Jitu Agar Tak Boros Di Waktu Belanja

Menjelang perayaan-perayaan besar, biasanya diskon di toko online, mall dan toko lainnya juga besar-besaran. Ini menjadi sebuah waktu belanja yang tepat untuk bisa mendapatkan banyak barang berkualitas tapi dengan harga miring. Tentu ini sangat menggiurkan, terutama untuk kaum hawa yang beberapa dari mereka menjadikan belanja sebagian dari hobi. Ketika terjadi ledakan diskon, Anda harus bijak dalam membeli barang. Anda harus cerdas dalam memilah mana barang yang diperlukan dan tidak. Bila Anda tidak bisa seperti itu, bisa dipastikan keuangan Anda akan menipis karena kurang bisa mengendalikan diri dalam berburu barang diskon.

Tips Jitu Agar Tak Boros Di Waktu Belanja

Untuk itu bagi Anda yang gila belanja terutama saat diskon, berikut beberapa tips agar tidak terlalu boros di waktu belanja.

Kendalikan diri saat membeli barang menjelang hari perayaan,

Waktu belanja yang tepat memang terjadi di hari menjelang sebuah perayaan besar. Semua toko pasti akan mengadakan diskon besar-besaran. Di saat inilah Anda harus bisa menahan diri agar tidak rakus dalam membeli barang. Coba pikirkanlah apa yang akan terjadi di pertengahan bulan atau tanggal tua bila Anda belanja berlebihan. Mungkin dengan memikirkan itu Anda bisa sedikit mengendalikan nafsu belanja Anda.

Mengontrol pengeluaran kartu kredit

Saat belanja ada baiknya menggunakan uang tunai. Bila dalam berbelanja di titik tertentu Anda tidak bisa membayar dalam bentuk tunai, sebaiknya jangan beli barang lagi.  

Belanja lah dengan membandingkan harga antar toko

Untuk tips yang satu ini bertujuan agar Anda mendapat harga termurah untuk barang yang sama. Jangan langsung membeli barang di satu toko tanpa melihat ke toko lain, bisa saja harga di toko sebelah lebih murah dari toko pertama yang Anda datangi.

Potong Pengeluaran yang tidak Perlu

Berhenti memberi barang yang tidak Anda butuhkan, seperti peralatan memasak padahal Anda lebih suka makan diluar, atau membeli peralatan make up yang sebenarnya Anda pun sangat-sangat jarang menggunakannya. Dan juga batasi pengeluaran belanja yang tadinya seminggu sekali menjadi sebulan sekali.

Belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan

Ini sering kali terjadi, cobalah untuk berbelanja sesuai kebutuhan Anda bukan keinginan, mungkin boleh sesekali tapi kalo setiap pergi ke mal atau cek toko online langsung beli barang yang diinginkan mata itu bisa jadi tindakan pemborosan dan mubazir karena nantinya barang tersebut tidak akan terpakai.

Itulah sedikit tips yang bisa Anda terapkan pada diri Anda untuk membatasi dan juga membedakan antar keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai Anda belanja ini itu tidak terkontrol dan barang yang sudah dibeli tau-taunya hanya menjadi penghias gudang karena tidak terpakai. Pertimbangkan kembali saat akan belanja, karena kebutuhan Anda bukan hanya untuk di hari ini, namun di hari esok pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *