Tips Mendapatkan Harga gitar akustik murah berkualitas meski Second-hand

Gitar akustik merupakan gitar yang paling cocok untuk pemula, karena pemain musik hanya perlu berkonsentrasi pada petikan dan kunci yang akan dimainkan. Berbeda dengan gitar listrik yang lebih rumit karena banyak efek yang dapat digunakan.

Banyak merk yang beredar di Indonesia, seperti gitar akustik Yamaha, Ibanez, Fender, dll. Harganya pun beragam, mulai dari kisaran 500 ribu Rupih hingga mencapai lebih dari 7 juta Rupiah.

Perbedaan harga dipengaruhi oleh tipe dan merk gitar. Selain itu, perbedaan harga juga dipengaruhi kualitas suara yang dihasilkan dan kenyamanan dalam memainkan gitar. Semakin, mahal semakin nyaman dipakai dan bagus suara yang dihasilkan.

Lalu bagaimana jika kita memiliki uang yang terbatas, masih bisakah mendapat gitar yang bagus? Salah satu cara  mendapatkan harga gitar akustik murah berkualitas adalah dengan membeli barang second-hand atau barang bekas pakai.

 

Membeli gitar bekas pakai umum dilakukan. Terlebih jika gitar tersebut original, akan terjadi tawar-menawar harga, sehingga harga yang disepakati dapat menguntungkan pembeli juga tidak membuat sakit hari penjual.

Saat ini membeli gitar bekas pakai dapat dilakukan secara online. Terkait hal tersebut, sebaiknya beli melalui situ jual-beli yang terpercaya. Jika ingin lebih yakin lagi, sebaiknya membeli secara langsung pada toko-toko jual gitar bekas pakai terdekat.

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan jika ingin membeli gitar bekas pakai, yaitu:

 

Pastikan ‘Originalitas’ Gitar

Banyak merk gitar yang dipalsukan, kemudian dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Belum ada upaya pemerintah terkait pemalsuan merk-merk tersebut, oleh sebab itu gitar palsu masih beredar.

Para penjual akan mengaku bahwa gitar tersebut merupakan gitar asli. Tentu saja gitar tersebut asli, bisa dimainkan dan menghasilkan suara, tapi tidak original dari merk yang dicantumkan.

Lalu bagaimana cara membedakannya? Untuk perbedaan fisik, sulit bagi yang tidak terbiasa. Namun, beberapa cara dapat dilakukan, seperti melihat dan mempelajari bentuk asli di toko musik terdekat lalu membandingkan dengan gitar bekas pakai yang akan dibeli.

Karena sebaik apapun barang tiruan, kualitas barang pasti akan berbeda jauh, karena pemilihan bahan, proses pengecatan, dan perangkaian gitar pasti akan berbeda. Akan lebih baik jika, penjual menyertakan bukti asli pembelian, sehingga kita akan semakin teryakini.

Periksa bagian dalam, terpatnya di bawah senar gitar biasanya terdapat nomor serial gitar yang dikeluarkan oleh merk tertentu. Jika tidak ada, gitar tersebut bisa dipastikan tidak original.

 

Survey Harga

Kemudahan mendapat akses internet mempermudah pembeli dalam mendapat info harga asli dari gitar yang ingin dibeli. Mengapa hal tersebut penting dilakukan?

Gitar asli dengan merk ternama tidak akan dijual dengan harga jual yang terlalu jauh dari harga beli. Bahkan, jika gitar tersebut langka maka harga gitar justru akan semakin mahal.

Dengan mengetahui harga asli, maka kita akan dapat menimbang berapa harga yang kemungkinan yang dikasih. Selain itu, dengan mengetahui harga asli maka akan membuat kita dapat mempersiapkan kira-kira berapa harga yang dapat kita tawar.

Selain mencari tahu harga asli gitar, penting juga untuk mencari tau kisaran harga gitar bekas pakai sejenis di internet. Sama tujuannya dengan harga asli, kisaran harga gitar bekas pakai menunjukkan harga umum gitar tersebut dijual, sehingga kita dapat membuat penawaran harga.

 

Dua hal tersebu merupakan hal yang paling penting dilakukan jika membeli gitar bekas pakai. Sisanya pembeli tinggal melalukan hal-hal yang umum dilakukan jika membeli gitar seperti mengecek kelengkapan, memastikan tidak ada yang cacat, menyesuaikan ukuran, dll.

Serupa dengan membeli barang bekas pakai lainnya, yang paling penting ingat untuk harus selalu teliti terhadap barang yang akan dibeli dan kritis terhadap penjual barang!

 

Sumber gambar:

https://images.pexels.com/photos/258283/pexels-photo-258283.jpeg?cs=srgb&dl=acoustic-acoustic-guitar-bass-258283.jpg&fm=jpg

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *