Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan

Ada dua hal utama yang akan memengaruhi perencanaan keuangan keluarga Anda. Pertama jumlah penghasilan dan yang kedua jumlah pengeluaran. Namun kali ini, kita membuat perumpaan bahwa saat ini Anda hanya memperoleh penghasilan tetap saja dan belum memperoleh penghasilan tambahan lainnya. Dengan penghasilan tetap yang sedemikian rupa, itu artinya Anda harus pintar dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran Anda dengan baik. Apabila Anda ingin mengelola kedua hal tersebut dengan baik, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan penghematan uang belanja bulanan. Lantas bagaimana cara berhemat yang efektif? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Tips Menghemat Uang Belanja Bulanan

Menggunakan Sistem 31 Amplop untuk Berhemat

Tentu saja, sebagai seorang ibu rumah tangga, Andalah yang bertanggung jawab terhadap uang belanja bulanan. Sebagai salah satu cara untuk melakukan penghematan, Anda bisa menyediakan 31 lembar amplop kosong untuk memulai sistem ini. Berikutnya, masukan semua uang yang Anda miliki ke amplop tersebut berdasarkan tingkat kebutuhannya. Misalnya saja seperti bayar cicilan, beli beras, bayar listrik, air, telepon dan lain sebagainya hingga investasi, tabungan dan dana darurat. Anda juga harus menulis kapan saja tanggal belanja dalam waktu sebulan. Setelah semua amplop tersebut terisi, Anda akan ditantang untuk lebih tertib dan juga kreatif dalam mengelola uang belanja.

Tidak Terfokus pada Merek

Tentu saja, semakin sering Anda jalan-jalan ke mall atau swalayan, maka godaan yang datang akan semakin besar. Apalagi godaan akan semakin bertambah ketika Anda melihat promo dan diskon ada dimana-mana. Tentunya ini merupakan tantangan bagi Anda untuk tidak tergoda dan harus bisa berpikir jernih lalu membandingkannya dengan merek lain dengan harga yang lebih murah. Apabila bisa membeli produk yang mereknya tidak terkenal namun memiliki fungsi yang sama dengan yang mereknya terkenal, kenapa tidak membeli yang tanpa merek saja? 

Menyimpan Bahan Makanan Dengan Baik

 Pentingnya memiliki lemari es, lemari beras atau wadah yang kedap udara adalah bisa membantu untuk menyimpan makanan Anda menjadi lebih awet. Tentu saja, hal ini harus dilakukan secara rutin dan menjadi suatu kebiasaan di keluarga Anda agar bisa menghemat uang belanja bulanan lebih baik lagi.

Membuat Daftar Menu Makanan Mingguan

 Membuat daftar menu masakan mingguan bisa menjadi salah satu prinsip awal yang boleh dicoba. Adanya daftar menu masakan mingguan ini akan membuat pola belanja Anda bisa terkontrol dengan baik, sehingga bisa menghindari membeli bahan makanan yang sifatnya mubadzir.

Mencatat Rencana Belanja

Cara termudah untuk Anda untuk mencatat rencana belanja adalah dengan menempelkan catatan di kulkas. Sehingga barang apa yang sudah habis, bisa Anda beli pada saat belanja bulanan dan tidak perlu melirik-lirik barang-barang yang tidak penting. Anda juga bisa membeli produk yang sedang promosi untuk lebih berhemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *