Tips Pintar Memilih Waktu Belanja yang Tepat

Mengalokasikan pendapatan untuk berbelanja sebenarnya hal yang sah-sah saja dilakukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan cukup padat, waktu belanja bisa dijadikan sarana untuk melepas stress ketika bekerja. Saat ini belanja bisa Anda lakukan dimana pun dan kapan pun. Kecanggihan digital saat ini sangat memungkinkan untuk Anda dapat berbelanja tanpa harus keluar rumah.

Tips Pintar Memilih Waktu Belanja yang Tepat

Meskipun memiliki banyak kemudahan, tetap saja belanja harus Anda lakukan dengan hemat dan cermat. Cermat dalam berbelanja adalah belanja yang sesuai dengan kebutuhan bulanan Anda. Dan hemat dalam berbelanja berarti Anda harus berbelanja tanpa melebihi anggaran yang sudah dibuat sebelumnya. Agar bisa melakukan cara belanja yang benar, Anda bisa memilih waktu belanja yang tepat. Nah berikut ini beberapa tips pintar untuk memiliki waktu yang tepat digunakan untuk berbelanja.

7 Hari Setelah Menerima Gaji

Jika dinilai secara mental, saat berbelanja di hari gajian malah akan membuat anda susah dalam mengontrol diri. Anda akan merasa lebih impulsif dan merasa memiliki banyak uang. Sehingga jangan jadikan hari gajian Anda sebagai hari dimana anda berbelanja. Jadikan hari gajian Anda menjadi hari yang tepat untuk membuat rincian pengeluaran, membayar tagihan, dan menabung. Setelah semua rincian pengeluaran telah tersusun, Anda bisa berbelanja dengan tenang karena sudah paham berapa budget yang Anda miliki.

Menjelang Awal Tahun Atau Setelah Hari Raya

Waktu belanja yang tepat lainnya yang bisa Anda pilih adalah ketika menjelang awal tahun ataupun setelah hari raya. Pada saat ini kebanyakan toko akan menjual barang-barang yang berbeda karena menyesuaikan permintaan pasar. Dan setelah momen tersebut selesai, mereka akan menjual besar-besaran barang tersebut. Tak jarang bahkan kebanyakan tokok memberikan diskon yang cukup besar atau cuci gudang. Waktu-waktu ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan barang idaman dengan harga yang miring.

Siapkan diri Anda untuk menghadapi pekan diskon ini. Usahakan untuk membatasi pengeluaran selama beberapa bulan sebelumnya sehingga nantinya Anda bisa lebih menghemat dalam membeli barang-barang diskon tersebut. Biasanya pekan diskon ini hadir dalam waktu yang terbatas, sehingga Anda harus bersaing dengan konsumen lainnya.

Bulan Berbeda Untuk Membeli Barang yang Berbeda

Selain barang-barang kebutuhan sehari-hari akan lebih baik jika Anda membelinya di bulan-bulan tertentu saja. Misalnya saat Anda ingin membeli barang elektronik, cobalah untuk membeli di bulan Januari. Dimana mayoritas toko elektronik menurunkan harga untuk edisi sebelumnya. Atau misalnya Anda ingin membeli alat-alat tulis untuk kuliah atau kantor, cobalah untuk membeli di bulan agustus. Mengapa? Karena pada bulan-bulan tersebut, banyak toko alat tulis yang mengadakan promo. Dengan membeli barang dalam bulan promo tentu saja Anda bisa lebih menghemat uang belanja Anda.

6 bulan Setelah Rilis

Barang edisi terbaru tentu sangat diminati pembeli, namun harga barang new arrival ini pastinya memiliki harga yang mahal. Agar tetap hemat namun Anda tetap up to date, maka akan lebih baik untuk membeli barang tersebut 6 bulan setelah rilis. Biasanya akan banyak barang baru muncul dan barang tersebut bisa menurun harga hingga 15%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *