Tips Sukses Belanja Hemat di Tempat Wisata

Selain menikmati area wisata, kegiatan lain yang tidak boleh ditinggalkan selama perjalanan wisata adalah berbelanja. Berbelanja di area wisata bisa Anda lakukan sekedar untuk memanjakan diri, membelikan oleh-oleh untuk orang terkasih atau mencari barang-barang yang bisa menjadi kenangan dari perjalanan wisata. Meski demikian, Anda tetap harus hati-hati. Karena salah langkah saat berbelanja dapat membuat Anda kehilangan banyak waktu dan bahkan biaya. Berikut ini tips sukses belanja hemat di tempat wisata yang harus Anda tahu.

Riset

Seperti halnya tempat wisata, berbelanja di tempat wisata juga perlu riset. Kenali lebih dulu apa saja barang-barang yang bisa Anda temukan di tempat wisata nantinya. Lalu cek berapa standar harga yang harus dibayar untuk membeli barang tersebut. Ini penting dilakukan agar Anda tidak akan rugi karena mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tidak perlu.

Hindari Pusat Perbelanjaan

Berbelanja di pusat berbelanjaan memang mudah dilakukan. Tetapi saat di tempat wisata, sebaiknya hindari tempat-tempat ini. Alih-alih, pilih pasar-pasar tradisional setempat atau toko-toko lokal, yang pastinya menjual barang-barang yang belum pernah Anda lihat dengan harga miring.

Tanyakan pada penjual lokal

Selain berbelanja, Anda juga bisa mendapatkan informasi lain soal barang-barang yang Anda cari. Tanyakan pada penjual lokal yang ada tentang rekomendasi toko atau tempat lain yang layak dikunjungi. Biasanya mereka akan senang hati memberi tahu Anda. Selain itu, Anda pun akan lebih hemat waktu dan biaya karena tidak harus berputar-putar mencarinya lebih dulu.

Cek Barang

Sebelum memutuskan untuk membeli barang tertentu, ada baiknya lakukan pengecekan secara keseluruhan terhadap barang yang akan Anda beli. Teritama jika barang tersebut adalah barang kerajnan lokal. Pastikan keaslian barang tersebut agar Anda tidak kecewa nantinya karena mendapat barang palsu.
Tahu kapan harus menawar

Untuk mendapatkan harga terbaik, kadang Anda memang harus melakukan penawaran. Namun, Anda juga harus memerhatikan kapan harus menawar dan berhenti. Bersikaplah tenang saat melakukan penawaran agar Anda bisa mendapatkan barang yang Anda mau dengan harga yang Anda inginkan.

Pastikan barang legal untuk dibawa pulang ke negara Anda

Jika Anda berwisata keluar negeri, sebelum membeli barang pastikan jika barang itu legal dan dapat Anda bawa pulang ke negara Anda. Tentu Anda tidak mau kan, jika barang-barang itu justru disita petugas bandara karena tidak legal dibawa.
Mengirim barang dengan Paket

Jika Anda berbelanja dalam jumlah banyak atau berbelanja barang-barang beresiko pecah, maka pengiriman barang dengan paket dapat menjadi pilihan. Daripada beresiko rusak di perjalanan atau terlalu memenuhi bagasi, lebih baik kemas dalam paket, lalu kirim melalui paket pengiriman khusus yang dapat dipercaya.

Itulah tips sukses belanja hemat di tempat wisata yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *