Tips Sukses Budidaya Ikan Lele

Ingin memulai bisnis sendiri di bidang peternakan? Budidaya ikan lele bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan bagi pemula, berikut ini adalah tips sukses budidaya ikan lele agar bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

  1. Gunakan Kolam Terpal

Tak perlu membuat kolam berbahan pasir dan semen, cukup gunakan terpal saja sudah bisa untuk memulai usaha budidaya ikan lele. Selain lebih hemat, menggunakan terpal juga bisa mengatur volume air lebih mudah, ikan lebih bersih, dan lebih mudah pembuatannya.

  1. Memilih Benih Unggul

Tips sukses selanjutnya adalah dengan memilih benih unggul yang tepat. Pemilihan benih lele ini memberikan pengaruh yang besar terhadap usaha budidaya lele. Pilih benih ikan lele yang memiliki ukuran sama, agresif, gesit serta warnanya cukup terang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, harus jeli ketika mencari benih lele.

  1. Kualitas Air

Lele tidak menyukai air yang jernih. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan air yang berwarna kehijauan. Apabila warna air berubah kemerahan, itu tandanya lele sudah siap untuk dipanen.

  1. Ketinggian Air Kolam

Air kolam yang baik sebaiknya memiliki tinggi sebagai berikut. Pada bulan pertama setinggi 20 cm, bulan kedua setinggi 40 cm, dan bulan ketiga setinggi 80 cm.

  1. Pakan IkanLele

Harga pakan ikan lele termasuk mahal, dan ini bisa mempengaruhi biaya produkisi. Oleh karena itu, harus dicari solusinya, yaitu bisa dengan memberi lele makan kroto, ikan kecil, atau cacing.

  1. Amankan Ikan Lele

Sebaiknya kolam lele diberi pengaman berupa jaring atau yang sejenis agar lele dalam kolam tidak dimakan burung atau kucing.

  1. Target Pemasaran

Target pemasaran ikan lele ada bermacam-macam, bisa dijual sendiri per kilogram, atau bisa juga menjualnya pada warung-warung penyetan. Dengan begitu, kita bisa menjadi pemasok ikan lele. Kita juga perlu membuka relasi yang lebih luas dengan menjalin kerjasama dengan restoran. Atau bisa juga dengan membuat usaha keratif seperti abon lele yang tak kalah lezat dan bergizi dibandingkan abon sapi.

  1. Promosi Ikan Lele

Ada beragam cara untuk melakukan promosi ikan lele. Bisa lewat mulut ke mulut dari keluarga, tetangga, teman, saudara. Selain itu juga bisa berpromosi lewat sosial media sehingga bisa mengundang lebih banyak pembeli, sehingga omzet pun bisa meningkat dan keuntungan pun bisa berlipat.

Itulah beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis budidaya ikan lele. Bisnis ikan lele termasuk mudah dan murah. Apalagi untuk mendapatkan bibitnya pun terbilang cukup murah. Bibitnya saja bisa dihargai hanya Rp 7,- sampai Rp 10,- saja per ekornya. Ini tentunya tak akan mengeluarkan banyak modal untuk memulai usaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *