Tips Wajib Online Marketing Bagi Pemula

Metoda pemasaran produk ataupun jasa menggunakan internet atau online disebut dengan internet marketing atau online marketing. Sementara pekerja di bidang ini dikenal dengan inernet marketer. Menjadi seorang internet marketer memang tidak sulit, tetapi juga tidak mudah. Anda perlu belajar dan mengenali lebih dulu apa saja yang jadi modal online marketing. Berikut ini tips wajib online marketing bagi pemula.

E-mail

Menguasai email adalah hal dasar penting bagi seorang internet marketer. Email adalah cara komunikasi utama seorang internet marketer. Selain wajib memiliki, Anda juga harus familiar dengan fasilitas yang diberikan email tadi. Kalau perlu, buat email lebih dari satu sesuai kebutuhan bisnis Anda. Selain untuk komunikasi, melalui email Anda juga bisa melakukan promosi gratis. Tapi Anda juga tetap harus hati-hati, agar promosi yang Anda lakukan tidak dianggap spam atau mengganggu bagi pengguna email yang lain. Manfaatkan semua fasilitas yang ada pada email, baik untuk bertukar informasi ataupun untuk melakukan promosi.

Social media 

Sosial media adalah media yang paling umum dan paling banyak dikenal serta menjangkau calon konsumen dari berbagai lapisan masyarakat. Karenanya seorang internet marketer perlu punya hal ini. Selain sebagai media komunikasi, sosial media juga dapat digunakan untuk menambah daya jangkau produk dan memperluas pasar. Ada banyak jenis sosial media yang dapat Anda gunakan. Seperti twitter, facebook, instagram, Google+ dan lain-lain. Temui konsumen Anda lewat sosial media tadi dan buat mereka tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Website atau blog

Bagi sebagaian orang, blog atau website adalah keperluan skunder. Tapi, bagi seorang internet marketer, hal ini wajib dimiliki. Blog atau website akan mendukung bisnis di internet. Website atau blog ibarat toko virtual. Keberadaan blog atau website dapat membuat konsumen lebih percaya pada Anda. Jadi, buatlah blog atau website Anda semenarik mungkin. Dan untuk menunjang penjualan maksimal maka upayakan untuk mengoptimasi website /blog kita dengan Search Engine Optimazion (SEO).

Setelah tiga hal di atas Anda miliki, maka Anda siap menjadi internet marketer. Selain itu, Anda harus punya niat yang jelas dan tujuan jelas apa yang ingin Anda capai lewat online marketing ini. Konsistensi dalam bekerja juga penting dimiliki agar Anda dipercaya oleh pelanggan. Selain itu, waktu yang tak terbatas juga harus selalu Anda sediakan. Jangan berhenti belajar meski Anda sudah sukses jadi seorang internet marketer. Perhatikan dan pelajara bisnis lain di sekitar Anda. Pelajarai setiap hal baru dan trend yang tengab berkembang di sekitar Anda. Jangan takut melakukan perubahan ataupun melakukan inovasi baru. Bergabunglah dalam forum untuk menambah ilmu dan pengalaman dalam online marketing. Selamat bekerja dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *