Trik Ampuh Menghindari Penipu dari Toko Online

Tidak dipungkiri kemudahan dalam melakukan pembelajaran melalui toko online memang lebih dipilih masyarakat pada jaman sekarang. Tetapi perlu diwaspadai banyak masyarakat yang menjadi korban pelaku penipu melalui toko online. Kemudahan dalam melakukan belanja online ternyata tidak luput dari gangguan para pelaku tindak kejahatan. Makanya sebagai masyarakat sangat dihimbau untuk berhati-hati dalam melakukan pembelanjaan. Tidak dipungkiri toko online banyak menyediakan produk atau barang yang mudah ditemukan dari kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga, alat elektronik, fashion, berbagai macam alat olahraga dan lainnya.

Dari sisi penjual toko online memang banyak menawarkan keuntungan apalagi bagi para pembeli. Banyak sisi positif yang dapat diperoleh dari melakukan belanja online, namun hal tersebut dirusak dengan munculnya berbagai tindak penipuan yang dialami baik oleh konsumen atau produsen. Hal ini sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata oleh pemerintah, kerugian yang bisa dialami tidak hanya dalam jumlah kecil tetapi sampai pada jumlah besar yaitu puluhan juta rupiah. Berikut ini beberapa trik ampuh untuk meminimalisir adanya penipuan dalam dunia online, antara lain:

  • Jangan tergiur melihat produk dengan harga murah.

Biasanya para pelaku penipuan melakukan modus kejahatannya melalui penawaran berbagai produk dengan harga yang murah. Jadi jangan sekali-kali tergiur dengan harga produk murah tetapi belum dapat dipastikan kualitasnya. Makanya sebagai konsumen sangat dihimbau untuk berhati-hati menentukan toko online yang dapat dipercaya. Jika Anda memilih toko online secara resmi tentu tidak akan ada pihak penipu yang mengkhawatirkan. Bahkan pihak online shop resmi akan memberikan jaminan perlindungan dari mulai pemesanan sampai dengan barang diterima oleh konsumen.

  • Simpan berbagai bukti transaksi.

Untuk mencegah adanya penipuan selanjutnya yaitu dengan cara selalu menyimpan berkas atau file transaksi pembelanjaan selama barang belum diterima dengan baik. Misalnya saja dari bukti transfer, pesan dari respon penjual atau lainnya. Bukan berarti apa-apa hanya saja untuk melakukan jaga-jaga kalau ada tindakan yang dapat merugikan Anda sebagai konsumen.

Baca juga beberapa trik dan tips agar terhindar dari penipuan, lihat selengkapnya di www.lapakterpecaya.com

  • Jangan percaya testimoni.

Mungkin beberapa toko online memberikan gambaran testimoni dari pelanggan, hal itu jangan mudah dipercaya. Karena tidak sedikit penjual online membuat testimoni palsu hanya demi menarik banyak pelanggan. Itulah salah satu hal yang sering dilakukan oleh oknum-oknum kejahatan dalam dunia internet khususnya toko online. Karena tidak sedikit masyarakat yang mengaku merupakan korban penipuan akibat toko online palsu.

  • Pastikan foto barang asli.

Sebagai konsumen Anda berhak untuk mendapatkan foto barang yang benar-benar asli, jadi sebelum Anda memastikan untuk membeli cek kembali apakah barang tersebut sesuai. Terkadang memang penipu dalam toko online selalu melebih-lebihkan dalam deskripsi atau gambaran mengenai produk. Berbagai macam cara atau trik penipuan bisa dilakukan maka dari itu lebih baik meningkatkan kewaspadaan saat membeli barang secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *