Waspadai Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit di Usia 30an

Apakah sekarang ini Anda sudah merasa mampu mengelola keuangan dengan baik? Bahkan bisa menabung dengan gaji bulanan yang Anda pegang? Kegiatan yang sangat padat terkadang membuat kita tidak bisa mengelola keuangan dengan baik di usia 30an, terutama pada penggunaan kartu kredit. Apakah hal tersebut akan mempengaruhi kondisi keuangan kita di masa depan? Dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai kesalahan yang sering dilakukan dalam pengelolaan keuangan di usia 30-an.

Waspadai Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit di Usia 30an

Kesalahan Dalam Menggunakan Credit Card

Untuk mendapatkan kondisi keuangan yang stabil, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan penggunaan kartu kredit di bawah ini, antara lain:

  • Hanya melakukan pembayaran minimum di tiap tagihan

Melakukan pembayaran pada cicilan minimum memang sah-sah saja, namun jika dilakukan secara terus menerus, maka sisa tagihan yang belum terbayarkan serta bunga akan menjadi tumpukan hutang yang semakin besar. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya berhenti melakukan pembayaran minimum, dan mulailah membayar tagihan secara penuh. Segera lakukan pelunasan hutang agar keuangan Anda membaik.

  • Terlambat membayar tagihan

Menunda pembayaran kartu kredit akan berdampak buruk bagi penggunanya. Tagihan yang semakin membengkak, juga dicap sebagai kolektabilitas oleh bank, akhirnya merusak riwayat perbankan. Sebaiknya, usahakan untuk tepat waktu saat melakukan pembayaran. Pastikan catat tanggal jatuh tempo di setiap kalender.

  • Tidak membayar tagihan

Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan pengguna di usia 30-an adalah memutuskan untuk berhenti membayar hutang karena merasa terlalu banyak. Dari pihak bank sendiri sebenarnya juga tidak akan menutup kartu tersebut sebelum enam bulan tidak melakukan pembayaran. Namun, pihaknya akan terus menagih paksa dengan mendatangkan debt collector ke rumah Anda. Sebaiknya, jika memang merasa terlalu berat, konsultasikan ke pihak bank, jangan mengambil keputusan sendiri.

  • Tidak pernah membaca laporan kartu kredit

Membaca laporan merupakan hal yang penting dilakukan. Tujuannya adalah agar mengetahui pengeluaran secara rinci. Meskipun membayar tagihan secara online, bukan berarti kita bisa bersikap cuek atau bahkan mengabaikan laporan tersebut. Jika mendapati tagihan yang tidak sesuai, Anda bisa melakukan komplain kepada pihak bank.

Gunakan kartu kredit secara bijak

Ketika memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, Anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk menggunakan dan menyetor cicilan dengan baik. Penggunaannya tentu harus dengan bijak, artinya Anda membelanjakannya hanya untuk hal-hal yang penting saja. Dengan begitu, Anda bisa menghindari berutang, serta dapat membayar tagihan tepat waktu. Jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak, Anda akan dikenakan denda untuk tagihan yang tertunda, yang pada akhirnya memberatkan kondisi keuangan Anda.

Semoga berbagai macam tips di atas bisa membantu mengelola keuangan Anda, lebih-lebih saat menggunakan kartu kredit sebagai alat belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *