Home Mens Panduan Push Up Yang Benar Untuk Tubuh Yang Bugar!

Panduan Push Up Yang Benar Untuk Tubuh Yang Bugar!

by Erin Nuzulia
push up 1

Siapa yang tak kenal push up? Ya, olahraga yang murah ini memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya itu, push up juga menghasilkan banyak manfaat jika rutin dilakukan beberapa diantaranya adalah menguatkan tubuh bagian atas, melatih otot jantung, dan otot perut, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebagai olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan, push up harusnya jadi salah satu kebiasan dalam membentuk tubuh yang bugar. Hanya saja mungkin kamu butuh sedikit lebih konsisten agar hasil push up mu tidak hanya sekedar di awal-awal saja.

push up

Konsistensi inilah yang berat. Meskipun begitu, hal tersebut masih bisa untuk diusahakan, kok. Hal ini karena olahraga push up memang bisa dilakukan dimana saja. Nah jika kamu mau menekuni olahraga push up ini, kamu bisa cek panduan berikut ini ya!

  • Menetapkan target harian

Hal pertama yang harus kamu lakukan

untuk menekuni olahraga push up adalah kamu harus membuat target harian dari push up itu sendiri. Target tersebut sangat beragam dan diserahkan kepada diri masing-masing. Syaratnya adalah tetap dilakukan setiap hari.

Contohnya saja adalah kamu bisa menetapkan target harian sebesar 1 kali push up setiap hari. Lalu minggu berikutnya 2 kali push up, minggu berikutnya 3 kali push up setiap hari dan seterusnya. Jumlah yang kecil dalam push up tersebut tidaklah masalah asalkan dilakukan dengan rutin.

  • Lakukan push up di waktu yang sama

Waktu yang tepat untuk push up adalah dengan melakukannya di jam yang sama setiap harinya. Ya, setelah target push up harian direncanakan, maka lakukanlah push up di waktu yang sama tiap harinya. Hal ini dimaksudkan agar terbentuk kebiasaan, karena waktu pelaksanaan push up adalah faktor penentu dari sebuah kebiasaan.

push up 1

Biasanya, para mentor olahraga akan menyarankan push up setelah bangun tidur atau setelah bekerja seharian. Hal ini sekaligus menjadikan push up sebagai olahraga rutin tubuh yang nantinya akan membentuk kebiasan itu sendiri.

  • Uji coba dalam 30 hari

Setelah menetapkan target dan melakukannya di waktu yang sama, langkah berikutnya adalah kamu harus melihat perkembangan dan hasil push up mu selama 30 hari. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa mengevaluasi diri, apakah olahraga push up yang dilakukan selama ini berhasil dan apakah sudah rutin dilakukan.

  • Mencatat push up

Pencatatan adalah hal yang penting di dalam olahraga. Begitu juga dengan push up. Saat push up dilakukan, catat waktu dan berapa banyak push up yang kamu lakukan tiap harinya. Hal ini selain menjadi penentu dari program diet atau program kebugaran tubuh lainnya, kamu juga bisa melihat grafik tubuhmu sendiri dengan melakukan pencatatan rutin tersebut.

Karena jaman sudah sangat canggih, kamu bisa mencatatnya di aplikasi atau bahkan mencatatnya di smartphonemu.

  • Melakukan target push up yang mudah serta mempertahankannya

Setelah evaluasi akan pencatatan hasil push up dilakukan, maka kamu akan menerima hasil laporan kebugaran tubuhmu. Dan dalam mengevaluasi push up, target yang rendah pun seperti pertanyaan berapa kali push up dalam sehari, tidak melulu tentang kuantitas push up yang kamu lakukan.

Target rendah push up pun disini sangat dinilai tinggi jika memang rutin dilakukan. Jadi, tunggu apalagi?

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More